Blog

5 Perbedaan Oli Pertamina Asli dan Palsu

September 10, 2021 by in Tips

Perbedaan oli Pertamina Asli dan palsu wajib dicermati mengingat pelumas ini merupakan pemimpin pangsa pasar penjualan di Indonesia dengan cakupan angka 65 persen. Pertamina sendiri sangat memberi perhatian khusus pada produknya dari pemalsuan. Hal utamanya yakni mengenai teknologi dari pelumasnya itu sendiri agar oknum pembuat produk palsu itu akan semakin ketinggalan.

Pertamina juga terus memperbaharui kemasannya agar orang yang akan memalsukannya menjadi berpikir dua kali, karena harus mengubah desainnya lagi. Apalagi biaya yang dikeluarkan untuk membuat desain yang semakin canggih cukup besar. Dengan begitu perbedaan oli pertamina Asli dan palsu makin mudah diperhatikan.

Perbedaan oli Pertamina Asli dan Palsu

Sebenarnya secara kasat mata, kini kamu pun bisa mengenali ciri-ciri keaslian pelumas dari Pertamina. Pasalnya Pertamina memang sengaja membuat kemasan pelumas buatannya mudah diteliti oleh konsumen. Yuk simak ciri-cirinya!

1. Cermati Label Pada Kemasan

Salah satu cara paling mudah dan cepat untuk membedakan oli asli dengan oli abal-abal adalah mencermati label pada kemasan/botol oli. Ciri-ciri dari label pada kemasan yang asli adalah cetakannya rapi dan tanpa ada cacat. Pertamina mengunakan teknologi percetakan berkualitas tinggi untuk mencetak label pada kemasan produk oli mereka.

Sedangkan logo pada kemasan oli palsu terlihat berkualitas rendah dan cenderung kasar karena biasanya mereka men-scan logo asli lalu dicetak ulang mengunakan printing yang tidak bagus untuk menekan biaya produksi.

Jika ingin lebih yakin lagi, ambil lah senter ultra violet lalu sorotkan pada kemasan oli Pertamina, niscaya kamu akan melihat tanda air di label kemasan bagian depan berupa logo dan tulisan Pertamina. Ini adalah pengamanan yang canggih dalam sebuah produk oli yang dibuat seperti cetakan uang asli.

2. Perhatikan Bagian Botolnya

Sudah kita ketahui bersama bahwa pelaku pemalsuan oli memanfaatkan botol bekas yang dikumpulkan dari bekas pemakaiaan oli. Karena membuat botol kemasan baru harganya tidak murah dan ini tentu saja akan dihindari oleh para pelaku pemalsuan oli . Pertamina pun tidak akan pernah untuk mengunakan botol kemasan daur ulang untuk tiap produk selanjutnya untuk memberikan ciri keaslian produk.

Sebenarnya kamu pun dapat turut serta mencegah tindakan pemalsuan oli dengan cara melubangi atau menusuk botol kemasan oli dengan obeng setelah mengganti oli kendaraan. Dengan rusaknya kemasan oli Pertamina, sudah pasti tidak akan bisa lagi dipakai untuk menampung oli palsu.

3. Lihat Nomor Identifikasi Pada Kemasan

Pada kemasan oli asli Pertamina diantara tutup dan leher botol itu seperti ada semacam seal atau pengaman yang jika sekali buka pasti langsung rusak. Hal ini jelas tidak memungkinkan pemalsu mengunakan tutup botol yang sudah dipakai atau tutup botol bekas atau daur ulang.

Perhatikan juga ketika botol itu dibuka terdapat seperti kertas menutupi mulut dari botol oli.

Pada kemasan oli asli Pertamina diantara tutup dan leher botol itu seperti ada semacam seal atau pengaman yang jika sekali buka pasti langsung rusak. Hal ini jelas tidak memungkinkan pemalsu mengunakan tutup botol yang sudah dipakai atau tutup botol bekas atau daur ulang.

Perhatikan juga ketika botol itu dibuka terdapat seperti kertas menutupi mulut dari botol oli.

5. Perhatikan Warna dan Bau Oli

Pelumas Pertamina mempunyai warna yang khas dan tidak berbau aneh ketika kamu berusaha menciumnya. Sedangkan oli yang paslu biasanya berbau tidak sedap atau gosong dan kebanyakan berwarna keruh serta bila diraba olinya seperti mengadung serbuk yang tidak tersaring oleh saringan yang dipakai para pemalsu oli.

Semoga ciri perbedaan oli Pertamina Asli dan Palsu ini bermanfaat ya!